Beranda | Artikel
Pengertian As-Sunnah
Rabu, 1 Agustus 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Pengertian As-Sunnah merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A. dalam pembahasan kajian kitab “كن سلفيا على الجادة (Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah)” karya Syaikh Abdussalam bin Salim As-Suhaimi hafidzahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan manhaj dan salaf. Kajian ini disampaikan pada 5 Rabbi’ul Tsani 1439 H / 24 Desember 2017 M.

Download juga kajian sebelumnya: Mukadimah – Bagian ke-5 – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah

Ceramah Agama Islam Tentang Pengertian As-Sunnah – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah

Dengan kita mengenal manhaj yang benar, tidak akan tersisa kekaguman dalam diri kita bagi orang-orang yang menjelaskan Islam atau mengaku mengajak pemahaman umat kepada pemahaman Islam yang benar. Seindah apapun retorikanya, seindah apapun kata-katanya, tapi kalau tidak sesuai dengan penjelasan sunnah yang gamblang dan pemahaman para sahabat radhiyallahu ta’ala anhum ajma’inmaka itu tidak akan membawa kepada kebaikan dan pasti akan membawa kepada penyimpangan. Maka tidak ada kekaguman dihati kita kepada model dakwah seperti ini sampai orang yang menyampaikan dakwah tersebut mau mengembalikan pemahamannya kepada sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam dan pemahaman para sahabat radhiyallahu ta’ala anhum ajma’in.

Diakhir pembahasan kemarin, kita dapati satu penjelasan Syaikh Abdussalam bin Salim As-Suhaimi hafidzahullah, bahwa penamaan yang disebutkan dalam kitab ini, ternyata diambil dari ucapan salah seorang ulama besar di Saudi. Yaitu Syaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid ketika menjelaskan adab-adab menuntut ilmu.

Diantara metode besar yang ditekankan oleh semua ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah ketika menjelaskan adab-adab menuntut ilmu adalah tersimpul dalam kalimat ini. “Jadilah kamu pengikut manhaj salaf yang sejati.” Tidak mencampuradukkan pemahaman dan mengkaburkan perkara-perkara yang telah disepakati oleh para ulama salaf. Sehingga tidak berusaha menjelaskan jalan yang terang untuk ditempuh oleh umat ini. Sebagaimana yang dulu telah dilakukan oleh para sahabat dan para ulama yang mengikuti jalan mereka dengan baik.

Bukankah ini yang kita bahas berkali-kali?

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Pengertian As-Sunnah – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah



Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

 


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44424-pengertian-as-sunnah/